Jumat, 01 Februari 2008

Seminar Nuklir Iran

Pada tanggal 31 Januari 2008 telah diselenggarakan seminar internasional mengenai program nuklir Iran Penyelenggaranya adalah Media Institute, sebuah lembaga yang didukung oleh media Indonesia.

Pada hari ini diberitakan oleh Kompas bahwa Duta Besar Iran untuk Indonesia telah menyampaikan hal ihwal program nuklir Iran. Secara khusus diuraikan mengenai ketidak-adilan sikap negara Barat terhadap program nuklir Iran yang hanya ditujukan untuk maksud-maksud damai. Tujuan Iran untuk melaksanakan pengayaan uranium sendiri adalah agar Iran tidak tergantung pada pasokan dari luar negeri untuk bahan bakar nuklir guna keperluan pengoperasian PLTN-nya di Busher.

Dalam kata pembukaannya pada seminar tersebut Gus Dur minta agar pembangunan PLTN di Indonesia dilakukan di luar pulau Jawa, yaitu di pulau Karimunjawa. Pernyataan Gus Dur ini banyak disiarkan.

Tetapi bagaimana dengan program nuklir Indonesia ? Kepala BATAN Dr. Hudi Hastowo diberitakan juga menjadi peserta dalam seminar tersebut. Tetapi kok tidak ada yang memberitakan apa yang dikemukakan oleh Kepala BATAN ? Bagaimana ini media Indonesia ?

Tidak ada komentar: